Ng3 BloG BaRenG JacK

"Catatan kecil penuh makna"

Apa sih Enak dan Nggak Enaknya Jadi PNS???

Ketemu lagi di"Nge BLog Bareng JAck"kali ini saya mau ngebahas masalah PNS kerjaan yang paling dicintai dan diimpikan oleh semua orang..artikel ini saya ambil dari teman saya biar pada sadar kalo jadi PNS it gak selamanya enak...Silahkan dibaca...ehehehehhehe
Ente dah kerja belum? Kalau belum, artinya kita senasib dah. Soalnya selain main game ane cuma bisa ngais makanan dari blog ama usaha jual pulsa kecil-kecilan. Tapi anehnya nih, nggak ada badai nggak ada gempa ane tiba-tiba aja kepikiran soal jadi PNS tadi sore. Enak juga kali ya pake seragam warna ijo tai kuda sambil petantang petenteng di warung padang kayak raja.. Kayak PNS-PNS waktu jam makan siang itu loch..
pegawai+negeri+sipilNah, jadilah ane kepikiran; “Bagus nggak ya kalo saya jadi PNS juga?” Itu dia yang bakal kita bahasa hari ini. Sebenernya apa sih enak dan nggak enaknya jadi PNS? Tengok jawabannya di bawah :D
Ente jangan mau enaknya mulu. Kita mulai dulu dari nggak enaknya jadi PNS nih ya;
1) PNS Nggak Bisa Sok Kaya
Siapa sih yang nggak kepengen dibilang kaya ama orang lain? Nggak peduli perut melilit, kantong kering kemarau, plus cicilan motor yang belom lunas, tentu kita-kita pasti ada keinginan buat diakuin kalo kita kaya. Nah, parahnya para PNS ini walaupun makan sambil kayang juga nggak bakal bisa sok kaya.. Kenapa? Ya karena gajinya ketahuan! Coba aja, pasti pernah liat PNS golongan rendah petantang petenteng bawa Blackberry Onyx kan? Harga Blackberry Onyx itu paling nggak 4,5 juta, sedangkan gaji PNS aja paling banter 2 juta. Loh kok bisa beli BlackBerry? Orang nggak bakal mikir si PNS itu kaya, tapi cuma ada 3 kemungkinan:
  • Si PNS bisa beli BlackBerry karena nabung, itupun lama bangaat..
  • Si PNS bisa beli BlackBerry karena ngambil kredit (maksa amat ya?) atau,
  • Si PNS bisa beli BlackBerry karena korupsi! (Najis lu!)
Beda ama pengusaha. Walaupun ane sekere-kere ini, pendapatan ane siapa yang tau sih? Kalo ane maksa dikit aja buat beli BlackBerry, orang-orang pasti bakal bilang; “Dia tuh pengusaha, wajar punya BlackBerry..” Makanya jadi PNS nggak enak, ketahuan miskinnya!
Mau bukti? Nih list gaji PNS:
Berikut ini perincian detail gaji PNS dari golongan terendah ke tertinggi:
Pegawai Golongan Ia dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.040.000
Pegawai Golongan Ia dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 1.091.700
Pegawai Golongan Ia dengan masa kerja 16 tahun sebesar Rp 1.262.700
Pegawai Golongan II a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.320.300
Pegawai Golongan II b dengan masa kerja 5 tahun sebesar Rp 1.462.300
Pegawai Golongan II b dengan masa kerja 15 tahun sebesar Rp 1.650.800
Pegawai Golongan II c dengan masa kerja 3 tahun sebesar Rp 1.487.600
Pegawai Golongan II c dengan masa kerja 7 tahun sebesar Rp 1.561.600
Pegawai Golongan II c dengan masa kerja 15 tahun sebesar Rp 1.720.700
Pegawai Golongan II d dengan masa kerja 3 tahun sebesar Rp 1.550.600
Pegawai Golongan II d dengan masa kerja 7 tahun sebesar Rp 1.627.600
Pegawai Golongan II d dengan masa kerja 15 tahun sebesar Rp Rp 1.793.400
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.655.800
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 1.738.100
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 10 tahun sebesar Rp 1.869.300
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.954.300
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 2.051.400
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 10 tahun sebear Rp 2.206.200
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp 2.880.800
Sementara untuk pejabat eselon I, yaitu golongan IV d dan golongan IV e
Golongan IV d dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 2.212.900
Golongan IV d dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 2.322.900
Golongan IV d dengan masa kerja 10 tahun sebesar Rp 2.498.200
Golongan IV d dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp3.262.000
Golongan IV e dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 2.306.500
Golongan IV e dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 2.421.200
Golongan IV e dengan masa kerja 10 tahun sebesar Rp 2.603.900
Golongan IV e dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp 3.400.000
Nah coba… Kalo PNS jujur, nggak mungkin bisa kaya.. Tapi PNS nggak jujur bisa aja, cuma nggak mungkin bisa masuk surga!
2) Seumur Hidup Bergantung ama Pemerintah
Naik golongan itu ribet. Butuh gelar ini dan itu lah, terus waktunya juga nggak sebentar. Kalo gaji 2 jutaan buat jomblo ngeres kayak ane sih nggak ada masalah.. Lumayan bisa makan nasi tempe 30 hari sampe gajian lagi. Tapi coba begitu udah ada anak ama istri.. Tahun pertama merit.. Tahun kedua anak pertama lahir.. Tahun ketiga anak kedua lahir.. Kebutuhan makin banyak tapi gaji nggak naek-naek! Setelah ubanan nunggu 5 tahun, baru naek satu golongan, itupun gajinya cuma nambah paling nggak 200 ribu. Anak ane bakal makan apa? Makan tinja? Kalo orang yang pikirannya panjang, mana mau jadi PNS..
3) Uang Haram Mulu!
Ente pikir tilep 2 Milyar aja baru dibilang korupsi? Salah! Ente makan  500 perak aja yang bukan hak ente, itu udah korupsi. Liat aja PNS jaman sekarang.. Bikin KTP aja mesti ada pelicin. Yah maklumlah, gajinya emang cuma cukup buat beli nasi, garem, ama tisu.. Tapi apa tega ente kasih makan anak pake duit haram? Susu aja yang dibeli pake uang korupsi masih haram.. Jadi sekalian aja anak ente dikasih anggur merah.. Sama kok haramnya!
4) PNS itu Investasi Paling Goblok dah!
Anehnya, 80% temen kampus ane mau jadi sarjana buat bisa daftar PNS. Nggak tau apa mereka cuma males mikir apa emang goblok soal itung-itungan. Coba aja itung sendiri; Biaya kuliah aja dari semester satu ampe selesai kira-kira udah ngabisin 50 juta lah (ini udah dikit). Pas daftar PNS, cecunguk-cecunguk kere di meja pendaftaran juga minta dikasih duit biar bisa langgeng masuknya. Biaya pengurus paling nggak 60 juta.. Jadi modal buat jadi PNS itu udah 110 juta! Trus begitu jadi PNS, cuma dikasih gaji 1 juta 8 ratus. Paling banter sebulan cuma bisa nabung 200 ribu, itupun udah seminggu nggak makan kali. Lah, terus butuh berapa puluh tahun buat bisa balikin tuh modal 110 juta? 110 juta : 200 ribu = 550 tahun!!! Renkarnasi 3 kali jadi PNS lagi juga nggak bakal balik tuh modal! Kok banyak banget yang bangga jadi PNS ya? Padahal jadi PNS sama aja mengumumkan ke orang-orang; “Saya orang goblok!”
5) Seumur Hidup Jadi Bawahan Bleeeh!!!
Dalam rumah tangga, Bapak yang jadi bosnya. Di OSIS, ketua OSIS-lah yang jadi bosnya. Nah, kalau di strata pemerintahan? Ya tentu aja Pak Presiden bosnya. Maksudnya apa? Maksudnya, sebelum si PNS jadi Presiden, dia bakal tetep bawahan! Mau dia lulusan fakultas hukum kek, fakultas ekonomi kek, atau IPDN kek, setinggi-tinggi apapun jabatannya tetep aja bawahannya Presiden. Emang mau ya seumur hidup jadi bawahan? Ente bisa jamin nggak kalo jadi PNS ane bakal jadi Presiden? Enakan ane sekarang coy. Walaupunwarung pulsa elektrik ane cuma di jagain ama Romlan si anak juling tetangga sebelah, ane ini udah bos. Ane mau bangun jam 12 siang kek, mau ngorok di muka pembeli kek, mau muntah mie instan di warung sendiri kek, suka-suka ane dong.. Namanya juga bos :D Jadi ngapain lagi capek-capek ikut pendidikan, diinjek-injek senior, dipaksa pake seragam sempit kayak gay, tapi pulang-pulang cuma dikasih emblem kuningan trus jadi bawahan? Dongo betul.. ck ck ck
6) Dana Pensiun? Ini Jaman Modern Bos!
Nah, banyak banget nih PNS berkoar katanya mau jadi PNS lantaran nggak mesti pusing dihari tua karena ada dana pensiun. Emang jadi pengusaha nggak bisa ada uang pensiun? Ini jaman modern bos! Deposit di Bank kan bisa aja jadi uang pensiun.. Coba aja pikir. Jadi pengusaha terus nabung 10 tahun.. Dengan uang 1 M kalo didepositkan dengan bunga 3%, jadinya bisa dapat puluhan juta perbulan dong (itung aja sendiri)? Kalo bisa dapat passive income puluhan juta ampe tua, ngapain ngarep dana pensiun pemerintah yang cuma segede upil?
Okeh, kalau tadi udah ane udah uraikan nggak enaknya jadi PNS, sekarang ane bakal tulis juga dong apa enaknya jadi PNS, biar adil gitchu.. Okeh, silahkan di baca.
Enaknya jadi PNS:
..
…..
Ummm….
Err………
Jadi PNS ya…. Waduh…..
Enaknya tuh….
Apa ya???
Kayaknya, jadi PNS emang nggak ada enaknya! Sori nih buat yang PNS.. Ane udah mikir keras nih apa enaknya jadi PNS. Tapi kok nggak dapet-dapet ya? Oh iya! Enaknya jadi PNS tuh kita bisa males-malesan, dateng nggak dateng ke kantor, makan gaji buta yang dikit, tapi udah dihormatin ama masyarakat.. Enak kan? Biar kere tapi dihormatin, siapa yang nggak mau? (Ane nggak mau! Ente?)
Nah, itu tadi hasil pemikiran ane soal jadi PNS. Begitu selesai mikir dan nyatetnya tadi sore, ane pun memutuskan bahwa;
Ane nggak bakal jadi PNS, kecuali ada wahyu baru yang turun berbunyi ‘Sesungguhnya penghuni syurga adalah para PNS’
Sekarang sudah pada tahu kan apa Enak dan Nggak Enaknya Jadi PNS,jadi silahkan pilih jalan kalian.makasih sudah mampir di blog saya..
Wassalam...^_^

38 komentar:

Ngga gitu juga lah gan, itu pada umumnya PNS di daerah (PEMDA atau PEMKOT) kalo ente masuk di kementrian keuangan sistemnya berbeda dengan beban yang besar dan sistem mutasi seluruh indonesia, yah sebagai imbalan ente bakalan dapat gaji yang lebih gede. Itu gaji p0kok yang diatas belom ada tunjangannya.

Kalo di Beacukai mereka kenal dengan namanya sistem premi.

 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 

wah saya jg gak tau pastinya yah gan,soalnya artikel ini jg sy buat cuma iseng2 aja..thx atas koment nya..:)

 

Jadi PNS aja Gan. *Pengusaha Nan Sukses* :)

 

semoga semua orang berfikir seperti anda, penulis..., biar saingan saya tambah dikit... hahaha...

 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 

jangan gitu gan..ente kesannya jadi mempengaruhi orang buat gak suka sama PNS

sekedar informasi :
-gaji PNS yg agan cantumkan itu cuma gaji pokoknya, belum tunjangannya..padahal yg membuat gaji PNS tinggi adalah tunjangannya
-gubernur DKI Jakarta Bpk. Jokowi juga pegawai negeri dengan gaji pokok cuman 2-3jt-an..tetapi ditambah berbagai macam tunjangan bisa jadi 30jt perbulan

so..semua kerjaan itu bagus,jadi jgn saling menjelek-jelekan,gak semua PNS itu kayak dipikiran penulis,jadi PNS itu bagus kok,asal jgn korupsi :)

 

kayaknya si agan kurang objektif deh memandang posisi pns itu sendiri,, pns itu mempunyai karir mmng si ttp anak buahnya presiden, tp inget presiden itu jabatan politik yg dipilih langsung oleh rakyat, kalo pns jabatan karir jadi kalo nasib mujur bisa jadi pejabat, kayak camat, kepala dinas ato badan, atau sampai jadi sekda, dan banyak pula pns yg nyalon jadi kepala daerah,, jadi kalo mmng kita pengen berkarir jadi pns, analisa agan itu sama sekali gak objektif, kalo boleh ane bilang si "bull shit" cuma orang2 desperate kayak agan aja yg ngarep jadi pns tp gak kesampean dgn analisa yg gak masuk akal, salam

 

salah gan, bukan 550 tahun, tapi 550 bulan.. kan ente sendiri yang bilang kalo per bulan maks nabung 200ribu.. itung2an ente gan perlu direvisi.. heheheh

 

Pikiran kita sama gan.gk bakal kaya.bahkan kakek ane gk sekolahpun. Sawah jeruknya dikontrak 500 jt. Lansug beli inova....ogah deh jd pns= goblok.ternyata skr ane lbih sukses dripada tmn ane yg pns....kta tman ane pns enak klo krja males2an...tp gajian rutin.mkanya bangsa kita gk bs maju

 

Mending jadi wirausahawan. Gk ada yg ngatur.gaji bs ngatur sndiri. Otak slalu berkembang dgn kreativitas.bebas....kerja gk tergantung waktu. Pension dini bisa....wah enak pokoknya

 

kalo saya sih jdi PNS n jualan online aja...lumayan lha males2.annya bwt nglayani customer di grup olshop....hahaha

 

Nice try. Itu tapi cuma gapoknya aja gan. Katanya kemenkeu bs nyampe 6 juta gan perbulan buat gaji awalnya. Tp memang kembali lagi ke mental tiap orang. Klo gemar achieve sesuatu dan bosenan, ane rasa jangan jd pns. Ane sendiri masih jd karyawan yg bercita2 punya perusahaan sendiri. Semangat gan!

Yg para pns disini juga jgn su'udzhon si agan penulis iri. Coba aja liat dari sisi positifnya yg si agan maksud. It is not who says, but what he says.

 

Yang membuat orang sukses itu bukan gaji atau penghasilannya.. Tp etikanya 😊

 

Maaf sebelumnya, pengusaha yang benar-benar sukses apakah ada yang sekekanak-kanakanan seperti ini? mohon omonganya ditinjau kembali. dan kalau bisa gak perlu ngomong dan tunjukan kiprah di dunia usahanya :) it's talk more do less

 

Alhamdulillah saya keterima jadi PNS, Pulang kerja saya punya usaha sampingan jual-beli servis laptop. Semoga saya amanah dalam berkerja mengabdi pada negara, dan tetap focus, kreatif & inovatif memajukan usaha saya dirumah, amin...

 

ibu saya PNS gak gitu gitu amat gak miskin seder hana lah

 

Pikiran sempit, senior gue masih cpns gaji dan tunjangan segala macem hampir 6 juta.

 

Mau..jadi PNS atau mau usaha no..!!problem yng penting bisa hidup....ga perlu gila hormat atau dihormati karna uang..emang negara ini punya PNS atau swasta doang....tunjukan kreativitas dan membangun bangsa ini..lewat apa saja yang penting positif ..

 

Mulai dr gaji ajah salah, orang yg gak pernah jd pns ga bakal tau sberapa besar sih penghasilan pns. Banyak omong, pdhal yg diomongin banyak salahnya. Saran saya, perluas dulu pengetahuan dan wawasan anda ttg pns. Dan lagipula, anda sebegitu perhatiannya ya dgn pns, apakah bisnis anda saking sepinya sampe anda bisa menjelek2an profesi pns?hhe krna setau saya, pengusaha sukses biarpun bisa atur waktu kapanpum mau santai ttap ga bisa santai krn bisnisnya sukses dan sangat menyibukkan. Anda tau chairul tanjung? Beliau adl pengusaha sangat sukses dan jam tidur hanya 4 jam dalam sehari. Bukti bahwa pengusaha yg bener2 sukses gak akan punya waktu utk buat tulisan yg menyinggung salah 1 profesi yg banyak peminatnya apalgi di indonesia.

 

Jadi Pengen Nyobain Jadi PNS buat ngebuktiin enak gak nya

 

menurut pengamatan saya setelah 12 tahun menjadi tenaga honorer di lingkup pemerintahan,,enak jd PNS itu kalo udah jadi kabag ke-atas eselon III atau II mau pinter mw bego mw rajin mw males ya tetp pejabat,,kalo nt masih sekelas kasubag ke bawah nt masih jongos kaya ane hahaha,,,semakin tinggi jabatan pekerjaan semakin ringan, tapi tunjangan(pendapatan) semakin tinggi belum lagi pendapatan lain2 berupa SPPD honororarium kegiatan dll (termasuk kadalin anggaran hehe... saran ane di era digital ini jadi pengusaha itu sangat di anjurkan disamping lowongan pekerjaan tidak terbatas agan2 semua bisa menggali potensi diri,agan jg bisa hidup merdeka sekalipun nt tukang jual pulsa tetep bisa jd bos untuk diri sendiri.kalo agan jd PNS jujur jangan harap jd pejabat mending jd ustad aja hahaha untuk saudara2 sy yg muslim mending kita ikut teladan nabi yaitu dengan berwirausaha atau tenak ( pekerjaan swasta sektor real nonperbankan ) termasuk seni coz seni merupakan komoditi jg, nih ane jg udah ancang2 mw go to enterpreneurship (berjuang.com)

sekian

 

Halo saya seorang pns dan yg dikatakan agan ini ga gtu juga deh..sy merasa bersyukur jd abdi negara.krn nilai materi itu cm bgmn cara kt menyukuri nya,bsr kecilny penghasilan klo kt rajin bersyukur pstnya mjd keberkahan..klo kmu blm merasakan jd pns sebaiknya jgn ngmg gini gtu dulu..klo km sudah jd pns sy rasa pikiran km gbkln begini lg..suudzon akut..sy merasa mjd org yg plg beruntung krn bisa jd pns.mgkn tmn2 pns lainnya merasakan hal yg sama..

 

Ya menurut saya kalau jadi bawahan memang gak bebas, kalau saya ingin bebas,.

 

Ya menurut saya kalau jadi bawahan memang gak bebas, kalau saya ingin bebas, meskipun hidup cuma pas pasan tapi saya ingin bebas, dan bersyukur, tapi itu menurut saya,

 

seperti apapun pns itu saya bersyukur
karna beruntung bs jadi pns diantara ribuan yang ingin jadi pns
dicap bagaimana - bagaimana tinggal individunya

 

iya tunjangannya yang gede gan ngalah2x BUMN. hahaha

 

kalo aku pengen jadi ilmuwan kak amiin.

 

Ini yg nulis kayaknya gak ketrima terus masuk PNS, jadinya kaya kontra sama PNS,, hha

 

semua ada takdirnya masing masing, ada yang di takdirkan jadi abang bakso, jadi pengemudi, jadi guru , jadi artis, semua itu sudah ada yang mengaturnya, kita hanya menjalani kehendak tuhan

 

PUUUUSH RAAANK LAAAH

 

gw pengen jadi pns... sante bisa ngorok kalo gk ad kerjaan... tapi kalo ada ya harus di kerjakan.
entahlah gw gk begitu ngerti dengan pns

 

kembali pada pilihan individu masing2.... bisa dibaca kali ni... https://www.hipwee.com/sukses/10-alasan-kenapa-kamu-mulai-perlu-mempertimbangkan-untuk-jadi-pns/

 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 


Wah sangat subyektif sekali pendapat Anda, ini namanya cuma menghina dan menjelekkan pns, bukan “berpendapat” tentang enak gak enaknya pns. Ngomong ngomong bunga dari bank itu juga riba dan termasuk dosa besar, jd kalo belum tau rezeki atau sesuatu yang berkaitan tentang halal haram, jangan bicara soal rezeki atau soal surga neraka.

 

Posting Komentar